Categories
Artikel Pengetahuan

Mengurangi Rolling Pada Optra Estate

Rolling saat menikung pada kecepatan tinggi selain mengakibatkan handling berasa kurang presisi, bagi penumpang berperut lemah juga dapat menyebabkan terjadinya mabuk darat. Bagaimana cara mengatasinya?

Baca lebih lanjut…

Rolling saat menikung pada kecepatan tinggi selain mengakibatkan handling berasa kurang presisi, bagi penumpang berperut lemah juga dapat menyebabkan terjadinya mabuk darat.

Tuning suspensi pada Optra / Estate oleh GM sendiri sudah bisa dibilang cukup OK, tapi rolling pada tikungan kecepatan tinggi bisa di bilang masih cukup terasa. Itu dengan suspensi original. Lalu bagaimana dengan aplikasi komponen suspensi aftermarket seperti shock merk Mando misalnya, yang terkenal lebih mengayun, tentu efek rolling akan makin terasa.

Salah satu cara murah untuk mengurangi rolling, adalah dengan pemasangan karet spring damper pada per keong suspensi Optra / Estate.

Karet spring damper ini banyak tersedia di marketplace online, dan cara pemasangan cukup mudah. Untuk Optra / Estate gunakan ukuran C.

Anda hanya membutuhkan dongkrak dan tidak perlu melepas roda saat memasangnya.

Karet di pasang di sela-sela per keong dan diikat menggunakan cable tie.

Lalu bagaimana testimoni hasil pemakaian karet damper tersebut?

Testimoni oleh senior CEO ber-inisial OD (di kutip dari grup Whatsapp CEO):

Hasilnya, gak disangka amazing euy.
Asli nyesel, kenapa gak masang dari dulu.
Belokan gak terlalu roling, terus entah kenapa jadi lebih empuk.
Boleh dibilang ini the most worther 300k yg ane belanjakan.

Sejauh ini cukup nyaman, ternyata yg terpayah dari mando adalah shock belakangnya.
Standarnya berayun, penambahan damper membuat ayunan lebih jinak.

Testimoni oleh om Ahmadi (di kutip dari grup Whatsapp CEO):

Karet damper sudah dipasang. Yg belakang ukuran C pas di optra saya. Malah yg depan sepertinya kekecilan dikit, tapi masih oke.
Bener, beberapa bunyi2 kaki ilang. Lebih stabil pas belok. Tadi coba belok di jalan tol kecepatan diatas 80, tidak kerasa limbung.

Testimoni oleh om Angga (di kutip dari Whatsapp):

Nambahin damper di optra baru kerasa bedanya kalo lagi jalan kenceng. Soalnya nambahin damper (yang notabene bikin suspensi makin keras) itu lebih buat improve performance menurutku.

Kalo buat kenyamanan, value nya gak terlalu banyak. Soalnya setting shock yang sebelumnya tanpa damper juga udah enak sih (kebetulan tahun lalu juga abis restorasi suspensi).

Malah kalo lagi jalan pelan di jalan di jalan yang keriting, lebih enak yang pas tanpa damper. Tapi kalo pas kenceng, enakan pas udah pake damper.

Yang paling kerasa pas abis pake damper itu kalo pas jalan kenceng di lewat jalan yang melingker di tol (biasanya kalo mau masuk tol atau mau keluar ke gerbang tol), rasanya lebih enak, gak limbung ke satu sisi.

Ya paling nilai plus nya sama ini juga, memperkecil kemungkinan gasruk kalo muatan penuh (penumpang penuh dan bagasi penuh).

Kebetulan saya pake 195/65 R15 (lebih gede dari bawaan pabrik). Jadi kalo pas muatan penuh dan lewat jalan keriting, kadang gasruk. Kalo lewat jalan alus atau ngebut dengan muatan penuh sih enggak gasruk.

Jadi apakah anda tertarik untuk mencoba? Selamat berkreasi!

Foto-foto oleh om Angga.

2 replies on “Mengurangi Rolling Pada Optra Estate”

Terima kasih Testimoni dari para senior yang sangat membantu,
“Dengan ini saya pribadi memutuskan tidak pasang dumper. Karena saya jarang lewat Tol, tidak pernah ngebut, ngepot ngedrift .”
Mengacu pada pribadi saya dalam berkendara, saya Masih nyaman dengan yang asli bawaan mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *