Categories
Artikel Pengetahuan

Belanja Spare Parts di Aliexpress

Masa ini makin banyak saja penyedia spare part kendaraan yang berjualan secara online, tentunya hal ini lebih mempermudah para pemilik mobil yang sudah berumur seperti Chevrolet Estate / Optra untuk mendapatkan spare part.

Tapi jika spare part yang diinginkan tidak tersedia di marketplace lokal, kita bisa mencari di Aliexpress sebagai alternatif.

Baca lebih lanjut…

Masa ini makin banyak saja penyedia spare part kendaraan yang berjualan secara online, tentunya hal ini lebih mempermudah para pemilik mobil yang sudah berumur seperti Chevrolet Estate / Optra untuk mendapatkan spare part.

Tapi jika spare part yang diinginkan tidak tersedia di marketplace lokal, kita bisa mencari di Aliexpress sebagai alternatif.

Bagaimana caranya?

Pertama tentunya anda sudah harus punya akun di Aliexpress, untuk mempermudah belanja, penulis sarankan setelah membuat akun, langsung setting alamat di menu Account -> Shipping address.

Mulailah dengan mencari spare part yang anda inginkan, gunakan bahasa Inggris saat mencari, jangan bahasa Sunda. Gunakan pula model mobil anda saat mencari, karena di luar negeri Estate / Optra populer dengan nama Lacetti, Nubira, Forenza, atau Excelle, cobalah mencari dengan menggunakan nama-nama model tersebut.

Sebagai contoh, jika ingin mencari lampu belakang Chevrolet Estate, bisa menggunakan kata kunci excelle tail lamp:

Setelah itu bisa kita klik part yang kita inginkan untuk melihat detailnya, disini anda bisa memilih untuk membeli lampu sebelah kiri atau kanan, menentukan jumlah yang dibeli, dsb:

Untuk membeli, klik tombol Add To Cart, lalu anda dapat melihat isi cart anda melalui icon Shopping Cart di bagian atas halaman:

Jika ingin memilih metode pengiriman lainnya, anda bisa mengklik tulisan Shipping fee di bawah salah satu item barang (panah biru pada gambar di atas) , dialog pemilihan metode pengiriman akan muncul, pastikan anda memilih metode pengiriman yang bertanda Tracking Available:

Klik tombol Checkout pada bagian kanan, akan muncul halaman pembayaran. Anda dapat mengubah alamat pengiriman dengan mengklik tulisan Change di sebelah kanan alamat jika perlu. Klik tulisan Select Payment Method untuk memilih metode pembayaran:

Berbagai metode pembayaran tersedia, termasuk bayar via Indomaret favorit para pemilik Estate / Optra. Penulis menyarankan membayar menggunakan Virtual Account saja:

Ikuti instruksi pembayaran dan klik tombol Place Order untuk melakukan pesanan. Anda bisa memonitor status order pada menu Account -> Orders:

Setelah beberapa hari akan muncul kode tracking pengiriman, anda dapat klik tombol Track order untuk melihat status pengirimannya:

Pada tahap ini yang anda bisa lakukan hanyalah menunggu.

Setelah sekitar 2 atau 3 minggu (jika menggunakan metode pengiriman standar), anda akan mendapatkan SMS dari Kantor POS untuk melunasi pajak dan bea masuk:

Tahap pelunasan ini sangat mudah:

  • Klik link di SMS yang anda terima.
  • Ikuti instruksi pembayaran yang ada pada web tersebut, ada beberapa metode pembayaran, saya menggunakan Mandiri Virtual Account.
  • Bayar menggunakan aplikasi atau ke ATM.
  • Setelah membayar, buka kembali link yang diterima dari SMS, pastikan statusnya sudah lunas.

Setelah itu paket akan di antarkan ke rumah oleh kurir dari Kantor POS (jika alamatnya ketemu).

Selamat mencoba!

2 replies on “Belanja Spare Parts di Aliexpress”

Jangan pernah pembayaran pake indomart / alfamart. Karena jika barang tidak terkirim pengembalian uang akan ribet. Kami sarankan pake ewallet macam doku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *